Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pokdarwis Amerta Giri Kelola Potensi Wisata Desa Adat Sangkan Gunung

Pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian desa sehingga perlu diberi perhatian lebih agar dapat berkembang dengan baik.

Guna mendorong sektor pariwisata, diperlukan berbagai upaya pengembangan pariwisata di mana salah satunya ialah gerakan Sadar Wisata.

Gerakan Sadar Wisata merupakan konsep yang melibatkan partisipasi berbagai pihak dalam mendorong iklim yang kondusif bagi perkembangan pariwisata.
Gerakan Sadar Wisata tersebut diwujudkan melalui adanya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang menjadi aktor penggerak kepariwisataan desa.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Amerta Giri  I Kadek Sujanayasa, SH,  mengatakan organisasi yang dipimpinnya  mengelola pontensi Desa Adat Sangkan Gunung Kecamatan Sidemen di Karangasem.

Sangkan Gunung memiliki empat banjar terdiri dari Banjar Pakel mempunyai potensi DAM Bajing telah dimanfaatkan rafting. Sementara masih hanya di lewati saja belum dikemas lebih menarik, termasuk terdapat sumber mata air Mumbul dan sumber mata air Tunjung Kuning.

Sedangkan Banjar Semseman terdapat Air Terjun Belatuk dimanfaatkan sebagai Tirta Pelukatan Sudamala. Banjar Sangkan Gunung cocok sebagai trekking ke Pura Luhur Bukit Tegeh dapat menikmati pemandangan Gunung Agung (Udaya Parwata), laut serta persawahan.

Sementara, Banjar Luah unggul sebagai trekking di persawahan yang indah. Pada masing-masing banjar mempunyai potensi agro wisata serta pengerajin tenun dan budaya. Bahkan sempat digelar pelatihan tata boga sebagai bagian dari persiapan mendukung desa wisata itu sendiri.

“Kami bekerja sama dengan perguruan tinggi Polteknik Negeri Bali (PNB) dan pemerintah daerah.Hal ini  sejalan dengan program-progam pemerintah pusat yang sesuai visi dan misinya yakni membangun dari pinggiran serta pemerintah daerah yakni membangun dari desa”, Tutup Sujanayasa.

Komentar