Selain Panorama Menawan, Pantai Padang-Padang Menyimpan Tebing yang Menantang

ayobali

Pantai padang-padang atau kerap disebut Pantai Labuan Sait merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Bali. 
Terletak di Jalan Labuan Sait Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan yang berjarak hanya 20 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai atau memakan waktu tempuh sekitar 45 menit, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, pantai Padang-padang . 
 
Selain karena keindahan dan akses yang mudah, pantai ini juga terletak di daerah yang strategis yakni di salah satu pusat daerah pariwisata, Jimbaran Bali yang memang terkenal dengan pantai-pantainya. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000,00 untuk wisatawan asing. Selain indahnya panorama pantai, pantai Padang-Padang juga menyimpan tebing eksotis yang cocok untuk olahraga panjat tebing. Tebing dengan tingginya kurang lebih 7 meter mempunyai tingkat kesulitan yang cukup menantang.
 
Tebing di pantai padang-padang ini merupakan jenis batuan kapur yang biasa terdapat di kawasan karst, cirinya berlubang dan banyak tonjolan yang cocok dijadikan spot panjat tebing. Terdapat kurang lebih empat jalur yang telah terpasang dan beberapa jalur bouldering yang bisa dicoba.
 
Tapi, untuk bisa melakukan aktivitas panjat tebing, pemanjat harus membawa alat sendiri seperti runner set, tali kernmantel, chalk bag dan tentunya sepatu panjat tebing dan seat harness. Namun untuk beraktivitas panjat tebing di pantai ini tidak dipungut biaya selain tiket masuk. Untuk pemula yang ingin mencoba panjat tebing, harus didampingi ahli karena olahraga ini bisa dibilang cukup ekstreme.  Kendati tebing pantai Padang-Padang tidak terlalu tinggi, namun belum banyak yang dapat menyelesaikan jalur tebing ini dan mencapai puncaknya. "Pantai padang-padang ini menarik sekali, ada banyak spot foto yang bagus dan enak untuk bersantai, soalnya tidak terlalu panas" kata Alfa salah seorang wisatawan asal Yogjakarta.  
 
Selain itu, menurut Fajar dan teman-temannya yang sedang melakukan aktivitas panjat tebing, mereka kerap kesana untuk sekedar melatih keterampilan paling tidak, setiap weekend. "Tebingnya cukup bagus untuk latihan, memang tidak terlalu tinggi, tapi saya belum dapat menyelesaikan jalur ini," kata Fajar seorang anggota mahasiswa pecinta alam Universitas Udayana.

Komentar