Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pembangunan Pura Tunggul Besi Akhirnya Terlaksana, Agung Ariawan Turunkan Beberapa Alat Berat

I GST Lanang Agung Ariawan bersama salah satu alat berat yang diterjunkan untuk maturang ngayah pembangunan Pura Tunggul Besi

Setelah melewati penantian panjang, akhirnya pembangunan Pura Tunggul Besi dilaksanakan sebagaimana harapan warga Banjar adat Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang Karangasem.

Pura Tunggul Besi rusak akibat bencana Gunung Agung pada tahun 1963. Hanya menyisakan palinggih bebaturan dan tanah lapang. Pembangunan dan perbaikan Pura Tunggul Besi telah lama direncanakan, hanya saja belum ada anggaran. Rencananya, membangun palinggih tapasana, padmasaji, dyunmanik, gedong betel, maha kala, naga swara, bale panjang, bale pengaruman, asagan banten, dan bale pamujan.



Pembangunan difasilitasi oleh Gusti Lanang Agung Ariawan, Kader NasDem yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Karangasem.

"Saya turut ngaturang ngayah saja," tutur Agung Ariawan dengan nada merendah,"kami membantu dengan menurunkan beberapa alat berat,"

Awal Mei 2020 lalu Prajuru Desa Adat Temukus, Desa Tarib, dan Desa Adat Tukad Belah, sempat menggelar upacara matur piuning di Pura Tunggul Besi, Banjar/Desa  Adat Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Anggara Pon Menail, Selasa (12/5).

Bendesa Temukus, I Nengah Sindia menerangkan Pura Tunggul Besi konsepnya beda dengan pura yang lain. Pembangunan nantinya tanpa candi gelung, candi bentar, dan tembok panyengker.

“Material batu rencananya didatangkan dari Sungai Kampek yang ada di dekat pemukiman Desa Adat Temukus, sejauh 1,5 kilometer dari Pura Tunggul Besi,” tambah Nengah Sindia,"

Ia pun menyatakan rasa terima kasih kepada para pihak yang telah maturang ngayah, membantu pelaksanaan pembangunan Pura Tunggul Besi.
"Apalagi ditengah pandemik wabah corona ini, tak banyak dermawan yang bisa membantu, seperti Bapak Agung Ariawan," ujar Nengah Sindia dan menutup dengan doa,"Semoga pembangunan dilancarkan dan kita semua mendapatkan kerahayuan dari Ida Sesuhunan."

Komentar