Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gelontor 50 Zak Semen, Kertiana Bantu "Ngaduk Luluh" Bangun Jalan Penghubung Desa

Selain bantu 50 zak Semen, I Made Agus Kertiana Dewan Bares kader Partai NasDEm ini terlihat berbaur dengan masyarakat dalam kerja Bakti membangun jalan penghubung Desa di Br. Keladian, Desa Pempatan, Kec. rendang - Karangasem, Minggu (11/10)

Kabupaten Karangasem merupakan salah satu kabupaten di Bali yang sangat potensial dikembangkan ternak sapi. Di wilayah Kabupaten Karangasem terdapat 592 kelompok ternak yang sebagian besar merupakan Kelompok ternak sapi, selain itu terdapat kelompok ternakbabi, kelompok ternak itik dan kelompok ternak ayam. Dari 592 kelompok ternak tersebut 524 (88,51%) merupakan kelompok ternak sapi yang tersebar di 7 Kecamatan.

Namun sayangnya dari hasil penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana didapatkan data rata rata penghasilan perbulan yang diperoleh anggota kelompok tani ternak dengan kepemilikan 8 ekor sapi per anggota hanya menghasilkan Rp. 1.032.467/ bulan per anggota Kelompok Tani Ternak.

Salah satu kendala seperti yang dihadapi oleh Kelompok Tani Ternak Margi Lestari dan Darma Laksana di  Banjar Keladian Desa Pempatan, Kecamatan Rendang Kabupaten karangasem, adalah kondisi jalan penghubung  yang masih berupa tanah padat. Tentu jika musim hujan tiba akan menjadi masalah tersendiri.

Tidak ingin berpangku tangan menunggu bantuan pemerintah, masyarakat disana berinisiatif bergotong royong membawa perlengkapan seadanya merabat jalan dengan cor-coran campuran semen dan pasir, Minggu (11/10/2020).

Mendengar masyarakat  tengah saling membantu mengerjakan pembetonan jalan penghubung, I Made Agus Kertiana, Wakil Ketua DPRD Karangasem spontan turun ke lokasi dengan membawa bantuan 50 zak semen yang diterima langsung oleh  Ketua Kelompok Tani Ternak,  I Nengah Sadia dan I Nyoman Sukanata.

“Kami sangat bangga melihat masyarakat disini mau bergotong – royong mencari solusi atas masalah yang dihadapi, kami berusaha membantu seadanya sekedar tambahan motivasi buat masyarakat Kelompok Tani dan Ternak,” ujar Kertiana dengan rendah hati,”semoga dapat meringankan beban biaya yang harus ditanggung.”

Tak hanya menyumbang semen, I Made Agus Kertiana yang dikenal masyarakat sebagai Dewan Bares dengan semboyan Jeg Sing Pocol tak segan mengambil perlengkapan kerja dan langsung berbaur dengan masyarakat.

“Ya begitulah Pak Kertiana, orangnya memang dikenal sangat murah hati dan dekat dengan masyarkat,” ujar Nengah Sadia,”Kami selaku masyarakat merasa berterima kasih atas bantuan yang diberikan.”

Nengah Sadia ungkapkan Kertiana sebagai wakil rakyat tak segan membantu pendanaan kegiatan sosial meski itu harus merogoh dalam-dalam kocek pribadinya. Padahal semenjak virus corona mewabah, usaha rafting milik Kertiana sementara harus ditutup.

“Kami dengar beliau sampai harus menjual beberapa kendaraan mewahnya untuk tetap membantu masyarakat terutama yang berkaitan dengan urusan adat,” tambah Nengah Sadia memaparkan.

Kertiana sendiri ungkapkan harapannya agar perabatan jalan bisa segera rampung sebelum musim hujan datang.

“Semoga bisa segera dirampungkan, sebab kalau musim hujan datang nanti bisa tertunda lagi pengerjaannya. Kita doakan agar tidak ada kendala sehingga rampung tepat waktu dan menjadi manfaat bagi masyarakat luas, astungkara.” Tutup Kertiana dengan Doa.

Komentar