Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Fenomena Air Keluar dari Pohon Belalu, Warga Nongan Yakin Sebagai Pertanda Anugerah

Beberapa pemedek datang menuju lokasi ditemukannya rembesan air yang keluar dari pohon belalu, Kamis (22/10/2020) siang hari. Lokasinya di Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.

Fenomena  air turun bergerimis  dari sebuah pohon belalu sempat menghebohkan warga di sekitar Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Fenomena alam ini ditemukan di lahan milik warga di Nongan. Pande Komang Widia warga asal Nongan bercerita bahwa pada Hari Minggu pagi (18/10/2020)  dirinya sempat  mendengar suara riuh seperti gemericik air hujan. Awalnya Pria ini juga mendengar suara riuh daun bergoyang  seperti tupai yang sedang  melompat di atas pohon. Namun setelah ia perhatikan, Widia tak menemukan suatu apapun di atas pohon.

Namun anehnya, setelah beberapa menit berdiri  dibawah pohon belalu bajuya yang melekat di badan berangsur basah oleh air. Karena dipikirnya turun hujan, Widiana beranjak hendak  balik  rumah. Ia pun tersadar bahwa begitu ia agak menjauh dari Pohon Belalu,  tidak ada satupun   rintikan hujan turun membasahinya.

Ternyata rembesan  air itu hanya ada di sekitar pohon belalu.

"Awalnya saya pikir rembesan air dari atas itu akibat turun hujan. Setelah bergegas balik ternyata tidak. Air itu  hanya ada di sekitar  bawah pohon. Di luar itu tanahnya tetap kering, tak basah. Saat itu saya tak memiliki pikiran apapun," aku Pande  Komang Widiana

Ditambahkan, awalnya temuan aneh ini tak terlalu ia indahkan,  Widiana hanya sempat bercerita kepada istrinya. Sore harinya ia kembali  melihat air yang keluar dari  pohon makin deras. Malam hari air semakin banyak  keluar. Tanah di sekitar pohon belalu malah semakin basah. Akhirnya Widiana disarankan untuk membuat areal khusus sekitar pohon. Badan pohon dibalut kain putih-kuning, serta diupacarai. Air yang turun dari atas langsung diwadahi untuk tirta. Dalam waktu semalam wadah tersebut sudah penuh.

Menurut Jro Mangku Made Tastra, kata Komang Widiana, fenomena ini merupakan kejadian langka. Air yang keluar dari pohon tak diketahui sumbernya. Bagi Jro Mangku, air yang keluar dari pohon diyakini mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Ini adalah anugerah dari Ida Sang Hyang Widhi.

“Fenomena seperti ini adalah tanda - tanda yang memberikan nilai positif kepada mereka yang mempercayainya, ini pasuwecan dari Ida Sang Hyang Widhi. Jika diyakini, pasuwecan ini dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Makanya kita dihimbau untuk berbakti," kata Pande  Komang Widiana.

Ditambahkan, banyak pemedek dari luar Nongan yang datang ke lokasi. Memohon anugerah, dan nunas air yang keluar dari pohon. Ada yang datang dengan pemangku, serta ada juga yang  melukat ke lokasi. Ada juga pemedek yang  datang dari luar Karangasem, seperti Bangli & Jembrana.

"Tadi siang ada pemedek dari Jembrana  datang ke lokasi, sore harinya sudah balik. Mereka datang untuk memohon kesehatan. Sebelumnya juga sempat datang pemedek dari Pempatan, dan Bangli malam hari untuk memohon sesuatu," ungkap Komang Widiana, keluarga pemilik lahan tersebut.

Untuk diketahui, beberapa pemedek yang datang ke lokasi rata - rata untuk memohon kesehatan, dijadikan obat, dan lainnya. Membasuh muka dengan air yang keluar dari pohon. Dan membawa air untuk dibawa ke rumahnya. Selain untuk memohon kesehatan, pemedek yang datang juga untuk keperluan lain.

 

Komentar